Kenali Berbagai Vitamin dan Fungsinya untuk Anak

Kenali Berbagai Vitamin dan Fungsinya untuk Anak

Memiliki anak yang sehat dan cerdas adalah dambaan semua orang, untuk itu sangat penting bagi para orang tua untuk memiliki pengetahuan tentang tumbuh kembang anak sesuai tahapan usianya. Selain itu, orang tua juga memiliki kewajiban untuk kenali berbagai vitamin dan fungsinya untuk anak. Kenapa? Karena seperti yang sudah kita ketahui sejak dahulu, bahwa vitamin ini merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak.
Wah, jika mengingat akan pentingnya vitamin bagi kesehatan dankecerdasan anak, maka Anda pasti tidak sabar untuk segera kenali berbagai vitamin dan fungsinya untuk anak. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini :
  • Vitamin A yang merupakan nutrisi terbaik untuk kesehatan mata, kesehatan kulit, tulang, dan gigi, serta membantu perkembangan sel-sel dalam tubuh anak. Makanan sumber vitamin A, diantaranya wortel, mentega, labu, biji-bijian, kangkung, hati, kentang, belewah, bayam, dan lain sebagainya.
  • Vitamin B, yang berfungsi membantu proses pembentukan sel darah merah, menjaga metabolisme tubuh. Sumber vitamin B, diantaranya : Daging, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, jamur, keju, brokoli, dan lain sebagainya.
  • Vitamin C yang berfungsi mendukung tumbuh kembang anak dengan cara melancarkan proses penyerapan zat besi dan kalsium dalam tubuh anak, dan mempercepat proses penyembuhan. Sumber vitamin C, diantaranya : jeruk, buah bery, tomat, jambu merah, brokoli, dan lain sebagainya.
  •  Vitamin D yang berfungsi untuk membantu perkembangan tulang dan juga gigi. Sumber vitamin D, diantaranya susu, minyak ikan, biji bunga matahari, sinar matahari pagi, telur, dan lain sebagainya.
  • Vitamin E, yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya kerusakan jaringan dalam tubuh dan membantu proses pembentukan sel darah merah. Sumber vitamin E, diantaranya kacang-kacangan, alpukat, dan sayur berwarna hijau.
Nah, sudah tahu apa saja vitamin dan manfaatnya bagi tumbuh kembang anak, bukan? Dengan memahami penjelasan dalam artikel kenali berbagai vitamin dan fungsinya untuk anak diatas, tentunya Anda bisa lebih mudah dalam menyiapkan menu-menu pilihan yang tepat untuk buah hati Anda.