Rabu, 18 Maret 2015

Agar Anak Dapatkan Gigi Sehat Dan Kuat, Ajarkan Kebiasaan Ini Bunda

Gigi merupakan organ tubuh yang penting. Kuman dan bakteri bisa sangat mudah bersarang di gigi. Tidak hanya gigi berwarna kuning saat perawatan kurang maksimal, namun masalah lain seperti gigi berlubang dan keropos juga bisa terjadi.

Bagi orang dewasa, menjaga kesehatan gigi bisa dibilang cukup sulit. Dan akan lebih sulit lagi menjaga kesehatan gigi pada anak. Jika tidak diajarkan sejak dini mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi, anak-anak akan menyepelekan pentingnya menjaga kesehatan gigi. Agar anak miliki gigi sehat dan kuat, dilansir dari colgate.com, inilah yang perlu Bunda ajarkan pada si kecil.
  • Kebiasaan Gosok Gigi

    Sejak dini ajarkan anak-anak untuk menggosok gigi dan jadikan gosok gigi menjadi kebiasaan yang tidak boleh ditinggalkan. Biasakan anak-anak gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Pastikan anak menggosok gigi dengan sikat dan pasta gigi khusus anak-anak. Hal ini tidak hanya menjaga kesehatan gigi tetapi juga kesehatan mulut dan gusi.
  • Makanan Bergizi

    Masa anak-anak adalah masa dimana mereka menjalani pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Di masa inilah anak-anak perlu diberikan nutrisi yang cukup tidak terkecuali untuk nutrisi gigi. Berikan anak-anak makanan bergizi dan baik bagi kesehatannya. Untuk kekuatan dan kesehatan gigi, berikan anak-anak makanan yang banyak mengandum kalsium dan vitamin dari sayur ataupun buah.
  • Teknik Menggosok Gigi

    Anak-anak cenderung kerepotan saat menggosok gigi. Untuk gigi yang sehat, anak-anak perlu mengetahui teknik menyikat gigi yang benar. Hal ini menjadi tugas orangtua untuk menjelaskan teknik menyikat gigi yang benar. Tidak perlu rumit penjelasannya, cukup terapkan kebiasaan gosok gigi pada anak dan tunjukkan daerah gigi yang perlu disikat maka kesehatan gigi anak bisa terjaga.
  • Flossing

    Flossing merupakan kegiatan menghilangkan sisa makanan pada gigi. Ajarkan anak menghilangkan sisa makanan pada gigi dengan gosok gigi secara teratur, berkumur, atau menggunakan benang. Hindari menghilangkan sisa makanan dengan tusuk gigi karena hal ini dapat menimbulkan cidera dan gigi menjadi tidak rapat.
  • Periksa Gigi

    Biasakan mengajak anak untuk periksa gigi minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk memperoleh gigi sehat dan jauh dari masalah gigi. Jika ada kemungkinan gigi berlubang, plak gigi atau gigi keropos, dengan periksa ke dokter masalah ini akan bisa segera diatasi.

Bagaimana Bunda, cukup mudah bukan? Perlu telaten dan sabar saat mengajarkan anak kebiasaan gosok gigi. Agar anak menerapkan kebiasaan gosok gigi setiap hari, pastikan anggota keluarga lain juga menerapkan kebiasaan gosok gigi. Ketika gigi sehat dan kuat, maka tubuh lain dijamin juga sehat :)

sumber : vemale.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews | Promo by Seputar Harapan Indah DOTcom